• MTS NEGERI 2 KENDAL
  • TERWUJUDNYA MADRASAH YANG RELIGIUS, BERPRESTASI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN

Adiwiyata

MTs Negeri 2 Kendal menuju Madrasah yang Berbudaya dan Peduli pada Lingkungan Hidup

Penyerahan piagam Madrasah Adiwiyata

Pengertian

Madrasah Adiwiyata adalah madrasah yang peduli dengan lingkungan yang sehat, bersih dan indah. Dengan adanya program Adiwiyata, diharapkan seluruh civitas yang ada di lingkungan sekolah menyadari pentingnya lingkungan yang hijau dan sehat bagi kesehatan tubuh kita. Adiwiyata, menurut arti, terdiri dari 2 kata yaitu Adi dan Wiyata yang berasal dari bahasa Sansekerta. Adi artinya besar, baik, agung, ideal atau sempurna. sedangkan Wiyata artinya tempat dimana untuk seseorang memperoleh pengetahuan, norma dan etika.
Tujuan umum dari program Adiwiyata adalah membentuk madrasah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang. Sedangkan tujuan khususnya adalah mewujudkan warga madrasah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik untuk untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Adiwiyata sebagai Pendidikan Lingkungan Hidup

Lingkungan yang bersih dan sehat tentunya menjadi dambaan institusi pendidikan kapanpun dan dimanapun.Lingkungan  sekolah yang bersih dan sehat juga mencerminkan keberadaan warga sekolah yang ada mulai dari siswa , guru,  staf, karyawan, unsur pimpinan sekolah bahkan sampai orang tua siswa.  Sangatlah tepat , himbaun yang mengatakan bahwa tanggung jawab penciptaan lingkungan yang bersih dan sehat merupakan kewajiban dan tangggungjawab bersama.

Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) merupakan upaya untuk mengubah perilaku dan sikap yang dilakukan oleh berbagai pihak atau elemen masyarakat  yang bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan. Semua itu pada akhirnya dapat menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan generasi sekarang dan yang akan datang.

Dalam menjalankan dan melaksanakan Program Sekolah Adiwiyata, setiap sekolah paling tidak memenuhi setidaknya ada 4 indikator pokok yang diwajibkan. Untuk itu yang harus diperhatikan pihak sekolah, yaitu:

  1. Kebijakan Berwawasan Lingkungan; Dalam hal ini antara lain : Visi dan Misi Sekolah yang Peduli dan Berbudaya Lingkungan, Kebijakan Sekolah tentang pengembangan pengelolaan lingkungan hidup, peningkatan pendidikan SDM, penghematan SDA,pola hidup bersih dan sehat(PHBS) pengalokasian dana kegiatan LH. (disesuaikan kondisi wilayah/sekolah masing-masing).
  1. Pelaksanaan dan Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan; Dapat digambarkan sebagai pengembangan model pembelajaran lintas mata pelajaran, Penggalian dan pengembangan materi dan persoalan lingkungan hidup yang ada di masyarakat sekitar, Pengembangan metode belajar berbasis lingkungan dan budaya, Pengembangan kegiatan kurikuler untuk peningkatan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang lingkungan hidup. Pendidikan Lingkungan Hidup bisa dilakukan dalam 2 cara: monolitik yakni menjadi satu mapel khusus, dan atau integratif yakni masuk ke dalam sub-sub materi di pelajaran lain. (disesuaikan kondisi wilayah/sekolah masing-masing).
  1. Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif; Dalam hal ini  antara lain : Menciptakan kegiatan ekstrakurikuler/kurikuler di bidang lingkungan hidup berbasis partisipatif di sekolah, mengikuti kegiatan aksi lingkungan hidup yang dilakukan oleh pihak luar,Membangun kegiatan kemitraan atau memprakarsai pengembangan pendidikan lingkungan hidup di sekolah. (disesuaikan kondisi wilayah/sekolah masing-masing).
  1. Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan. Pengembangan fungsi sarana pendukung sekolah yang ada untuk pendidikan lingkungan hidup, Peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan di dalam dan di luar kawasan sekolah,Penghematan sumberdaya alam (listrik, air dan ATK),Peningkatan kualitas pelayanan makanan sehat,Pengembangan sistem pengelolaan sampah. (disesuaikan kondisi wilayah/sekolah masing-masing) Jadi idealnya sekolah-sekolah yang  sudah menerapkan ke 4 indikator tersebut, sudah tergolong kriteria sekolah adiwiyata disesuaikan dengan kondisi sekolah/daerah masing-masing. Jadi belum tentu semua kebijakan di sekolah satu sama dengan kebijakan di sekolah/daerah lain.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Kurikulum Berbasis Cinta (KBC)

Materi Pokok Kurikulum Berbasis Cinta Berikut adalah rincian panca cinta kurikulum berbasis cinta: 1. Cinta Allah Swt. dan Rasul-Nya Tujuan: Menumbuhkan pemahaman mengenai sifat Allah

08/10/2025 08:58 - Oleh Matsanda Pers - Dilihat 60 kali
Pengumuman Kelulusan Tahun Ajaran 2024.2025

  Pengumuman Kelulusan - MTs Negeri 2 Kendal Pengumuman KelulusanMTs Negeri 2 Kendal Cek Kelulusan Masukkan NISN: Cek   © Madrasah Hebat Bermartabat

15/05/2025 20:39 - Oleh Matsanda Pers - Dilihat 205 kali
Pengumuman Kelulusan Tahun Ajaran 2024.2025

  Pengumuman Kelulusan - MTs Negeri Dongeng Pengumuman KelulusanMTs Negeri Dongeng Cek Kelulusan Masukkan NISN: Cek   © Madrasah Hebat Bermartabat

15/05/2025 20:36 - Oleh Matsanda Pers - Dilihat 209 kali
Ma'had Al Inhadl

 

21/02/2025 23:42 - Oleh Matsanda Pers - Dilihat 539 kali
Tenis Meja

maff baru pengembangan oleh admin

21/02/2025 23:40 - Oleh Matsanda Pers - Dilihat 365 kali